Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now 

Blogger templates

Recent Comments

Pasang Iklan Gratis

Saturday, September 17, 2011

Allah mencintai orang-orang yang bersabar


Allah ta’ala berfirman :
“ Dan Allah mencintai orang-orang yang bersabar “ (Surah Ali Imran : 146).
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
“ al-Iman adalah : Kesabaran dan kemurahan hati “ (Shahih al-Jami’ ash-Shaghir no. 2795).
Ash-Shabru/Kesabaran : Menurut arti etimologinya : Bermakna penjagaan dan menahan diri. Kesabaran adalah menjaga diri dari kepanikan dan kemarahan, menjaga lisan dari keluh kesah, menjaga anggota tubuh dari segala bentuk kebingungan. Kesabaran ini terbagi menjadi tiga bagian : Sabar diatas ketaatan kepada Allah ta’ala, sabar dalam meninggalkan kemaksiatan kepada Allah, dan sabar dari segala bentuk ujian yang datangnya dari Allah ta’ala. Ada yang berpendapat bahwa kesabaran adalah kesabaran disaat ditimpa musibah, malapetaka dan ragam hal-hal yang dibenci yang terjadi didunia, dan menghadapi segala macam bencana tersebut dengan adab yang baik, dan tidak sekali-kali menyangga ketentuan Allah yang telah berlaku.
Orang-orang yang sabar : Mereka adalah orang-orang yang bersabar diatas agama mereka, agama yang telah diridhai oleh Allah bagi mereka yaitu agama Islam. Dan tidak sekali-kali meninggalkan agama Islam karena hal-hal yang menyenangkannya atau yang menyusahkannya, dan tidak pula karena kesempitan dan kelapangan, agar supaya mereka meninggal dunia dalam keadaan memeluk agama Islam.
Mereka bersabar dalam pelaksanaan ibadah-ibadah, dan bersabar untuk meninggalkan segala macam kemaksiatan dan nafsu syahwat dan bersabar untuk mengatasi hawa nafsu, dan tidak mengikuti ajakan-ajakan syaithan.
Dan mereka bersabar dalam jihad, tidak merasa lemah dengan apa yang menimpa mereka didalam sabilillah, mereka tidak merasa lemah dihadapan musuh mereka dan tidak pula tunduk kepada mereka, dan bersabar serta tidak melarikan diri dan mempersiapkan dirinya untuk menyambut kematian. Dan bersabar atas kecintaan kepada dunia dan lebih mengharapkan kampung akhirat.
Dan mereka bersabar apabila ditimpa penyakit dan bencana, dan gangguan serta hinaan kaum manusia yang dilontarkan kepada mereka karena mereka iltizam –berpegang– diatas agama Islam, dan mereka mengharapkan balasan pahala yang ada disisi Allah. Mereka bersabar atas segala ketentuan dan musibah, dan apabila mereka ditimpa musibah mereka mengatakan : Innaa lillahi wa innaa ilaihi raaji’un –Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya kami akan kembali kepada-Nya-, Wahai Allah berilah pahala kepada kami dari musibah yang telah menimpa kami dan berilah kami ganti yang lebih baik darinya.
Dan mereka bersabar dalam menjalankan amar ma’ruf nahi mungkar, dan bersabar dari segala gangguan yang timbul dari amal tersebut yang menimpa mereka.
Sesungguhnya diantara taufiq Allah yang baik dan dari sekian alamat-alamat kebaikan adalah bersabar dari segala hal yang menyakitkan, dan berlaku lemah lembut disaat ditimpa musibah.
“ Ssungguhnya orang-orang yang bersabar akan diberikan pahala mereka tanpa batas “ (Surah az-Zumar : 10).
...............................................................................................................
» FILE INFO
 Filename:maherzain feat fadli padi - insha allah 2
 Size:4,215 KB
 Listen:

No comments:

Post a Comment